Menjaga Hubungan

@romiyooo / Minggu, 09 Juni 2013

Kali ini gue mau nge-posting request follower gue. Ada yang minta dibuatin postingan tentang cara menjaga hubungan. Ya, karena gue orangnya ganteng, jadi gue akan menepati request itu. (Yang mau muntah silahkan, gue udah duluan)


Sebenernya gampang-gampang susah sih ngejaga hubungan biar langgeng terus. Di sini gue nggak ngebahas LDR yah. Entar LDR mah dibuat postingan lain aja. Biar fokus juga.

Hubungan yang gue maksud adalah hubungan cinta yang udah dijalin, alias pacaran. Kalau hubungan nikah ya gue nggak tau, gue kan belom nikah.

Yang jomblo juga boleh baca kok, siapa tau entar kalau (bisa) punya pacar kan jadi tau.

Dan berikut, adalah Tips Sederhana Menjaga Hubungan.

1. Buang Rasa Gengsi


Awal-awal pacaran, pasti setiap pasangan akan nunjukin sifat bagusnya. Pasti juga bakal (sok) mesra-mesra gitu. Tiap malem telfonan, tiap menit sms-an. Kangen-kangenan terus. Seakan hidup ini milik mereka berdua. Yang lain cuma alien yang numpang lewat aja. Yah wajar sih nggak papa.

Itulah cinta, kadang cinta membuat seseorang merasa dirinya yang paling berharga, atau malah yang paling menderita.

Tapi, kalau udah sekitar 4 bulan, akan ada momen di mana kalian menunaikan ritual berantem. Jangankan 4 bulan, kadang ada yang baru 2 bulan aja berantem terus. Di saat begitulah cinta kalian akan berseteru dengan gengsi. Gengsi mau mengalah, gengsi mau minta maaf atau memaafkan, gengsi untuk enggak saling tuduh. Kebanyakan pasti akan menuruti gengsi. Nunggu salah satu di antara kalian ada yang minta maaf duluan. Kalau saling nunggu, kesabaran lah yang diuji.

Mending kalahin tuh gengsi buat keharmonisan hubungan. Kalau kamu salah ya minta maaf, kalau pacarmu yang salah ya maafin. Sesederhana itu aja sih. Jangan ngeyel-ngeyelan sampe berujung penyesalan nantinya. Yah, putus.

Gengsi melakukan keburukan satu-satunya gengsi yang baik.


2. Jangan Terlalu Egois


Sebenernya sih, kadang diperlukan egois agar hubungan yang terjalin juga bisa terus berjalan. Tapi ya jangan egois-egois amat. Kamu bukan temennya Sinchan yang cewek (Oke, gue lupa namanya).

Keegoisan yang dimaksud tuh misal kalau kamu mau pergi macul di sawah, tapi pacar kamu nggak ngijinin karena cuacanya nggak bagus. Ya kamu jangan maksa buat pergi ke sawah, karena itu juga nantinya bakal berdampak buruk buat kamu.

Atau kalau kamu mau mecahin rekor muri, ngupil pake jempol kaki. Kamu jangan egois juga kalau pacar kamu nggak ngebolehin. Lagian emang kamu bisa? Enggak kan..

Tapi juga jangan egois ngelarang-larang apapun. Pacar kamu juga punya hobi dan kesenangan. Jadi, biar sama-sama enak.

Jangan sampai kamu terlalu egois menjaga, nanti malah hanya menyakitinya.


3. Hindari Masalah Kecil


Kadang, tanpa disadari sebongkah pasangan akan menghadapi hal-hal kecil tapi bikin berantem.



Cewek: Hiiihh.. Kamu dari mana sih? Bales smsnya lamaa banget. Pasti lagi jalan yah. Atau lagi sms-an sama cewek lain yah. Hiiihh!!

Cowok: Aku nggak dari mana-mana. Tadi cuma ke toilet bentar. Lagian kan cuma telat 5menit doang.

Cewek: POKOKNYA AKU NGAMBEKK!

Cowok: *bikin sop baygon*



Yah, begitulah cewek.. ah sudahlah. Kalian pasti tau kan peraturan cewek. Silahkan cek bio gue aja.

Jadi, untuk pihak manapun, janganlah terlalu mempermasalahkan hal kecil dan sepele. Coba buat tetep positive thinking aja.

Kalo telat bales chat/sms kamu 5 menit ya wajar. Kalo telat bales 10 menit mungkin pending. Kalo telat bales 2 hari, udah gih putusin.. *eh




4. Berfikir ke Depan


Kalau kamu udah serius banget sama dia. Ya mending kamu mikir-mikir buat ke depannya. Apalagi kalo kamu pihak cewek. Cewek itu kadang gampang dipengaruhi mood. Sekarang suka, besoknya bisa enggak. Jadi berfikirlah dewasa.

Dan buat pihak cowoknya, itu juga jangan gampang bosenan. Karena cowok emang gampang bosenan. Tapi cowok lebih bisa berkomitmen. Jadi ya saling melengkapi aja..

Tapi kalo emang tujuan utamanya buat seneng-seneng doang sih ya mending jangan pacaran. Mending temenan aja deh daripada sakit hati entar.

Seperti kata orang bijak "Masa depan, ditentukan oleh masa sekarang".


5. Jangan Terlalu Dekat


Untuk membaca, kita membutuhkan jarak. Jangan sampai karena terlalu dekat, kalian malah nggak bisa melihat. Dan kadang terlalu dekat malah bisa membuat hubungan menjadi singkat.

Buatlah jarak sedikit. Agar nggak selalu berantem dan memikirkan ego sendiri. Biar bisa menilai masing-masing diri.

Kamu bukan kembar siam, jadi nggak usah untuk selalu menuntut buat bareng terus. Berfikirlah rasional.




6. Berkacalah


Gue selalu membenamkan kata "Berkacalah". Berkaca di sini bukan melulu diem depan cermin sambil meratapi betapa ancurnya muka kamu, bukan. Bukan itu.

Maksudnya, kita harus introspeksi diri akan dirimu sendiri. Kalo pasanganmu selalu cuek dan jutek, tanyain kenapa. Kalo emang doi nggak mau jawab, maka berkacalah. Lihat diri kamu, apa yang salah. Apakah kamu kurang perhatian, atau emang kamu nggak pernah perduli sama dia. Kalo emang kamu udah selalu baik-baik aja sama dia dan dia tetep cuek, mungkin itu emang sifat dia. Sifat itu susah diubah, tapi bisa dirubah. Bingung? Tenang, lo nggak sendirian, gue juga.

Bukan, bukan begitu. Maksudnya, lo kan bisa sedikit demi sedikit membimbing dia biar lebih baik lagi ke elo. Ingat hukum Tuhan. "Wanita yang baik untuk pria yang baik, dan sebaliknya".

Maka, jadilah sebaik-baiknya pria untuk mendapat seanggun-anggunnya wanita. Dan jadilah seindah-indahnya wanita untuk mendapat segagah-gagahnya pria.

Anggun, indah, gagah di sini bukan dalam arti yang sebenarnya kok.

Yang penting berbuatlah sebaik mungkin, urusan pasanganmu baik atau tidak, Tuhan yang menentukan. Dan Tuhan Maha Adil kok.



Dan kalo emang kamu tetep nggak tahan sama sifat dia, yaudah cari yang lain. Selagi emang bukan salah kamu ya kamu berhak kok nentuin masa depan kamu. Toh kan masih pacaran. Move on lah. ~



Ketika pacarmu, yang begitu cuek, nggak pernah perduli. Berkacalah.. ~

Ketika pacarmu, yang menyakitimu, dan mengkhianati. Tinggalkanlah.. ~







Begitulah sedikit tips dari gue. Kalo ada salah-salah ya maafin lah. Namanya juga manusia. Yang penting, berbahagialah..


Karena apalah arti cinta jika tak pernah membuat bahagia.









PS: Kalo ada tips lain, bisa ditambahin lewat komentar. See you.

2 komentar:

  1. Hadew, ane baca tulisan agan semakin kebawah kok makin ngakak !
    Semua itu sering terjadi. kayaknya pengalaman pribadi ya??? :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Weheheh. Makasih gan.
      Agak pengalaman pribadi sih. :)))

      Hapus

Think Like a King - Act Like a Knight 2013 | Design by @romiyooo | Inspirasi emoticon :]